Kampung Arab Al Munawar, Object Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Palembang

Kampung Arab Al Munawar, Object Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Palembang

Diposting pada

Direktori Wisata – Kampung Arab Al Munawar, object wisata religius yang penuh nilai sejarah di Palembang. Kampung Arab Al Munawar adalah object wisata religius di Palembang yang seringkali didatangi pelancong lokal atau luar negeri.

Berada di Kota Palembang propinsi Sumatera Selatan. Tujuan wisata religius ini tambah hist bernama Kampung Al Munawar. Kampung religius ini simpan beberapa ratus sejarah hingga sampai saat ini dilestarikan oleh pengurus.

Selainnya jadi object wisata religius Daerah ini adalah fasilitas pembelajaran. Jika Anda bertandang karena itu Anda akan temukan rerata warga di situ profesinya sebagai pedagang. Mempunyai asset rumah tua yang umurnya telah capai 250 tahunan. Bukannya perumahan tua itu ambruk justru rumah tua itu tetap berdiri benar-benar kuat.

Mempunyai nama daerah Arab karena penghuni-penghuninya adalah orang Arab yang menetap di satu lokasi. Karena jual-beli perdagangan memerlukan tempat istirahat karena itu opsi menetap ialah pas, sampai jadi daerah.

Daya Ambil Kampung Arab Al Munawar Palembang

* Sejarah Kampung Al Munawar

Kampung Arab ini adalah warisan sejarah yang telah ada semenjak jaman penjajahan Belanda. Pada periode penjajahan itu Belanda berencana pendekatan ke etnis Arab yang namanya Ahmad Al Munawar.

Selanjutnya memberi kedudukan ke Ahmad Al Munawar jadi seorang kapten. Pendekatan itu terjadi di tahun 1825 dan kapten wafat di tahun 1970.

* Budaya yang Dipunyai

Selainnya satu daerah, karena itu gadis-gadis daerah jangan dinikahi lelaki di luar Daerah Arab Al Munawar. Tetapi untuk lelaki bisa menikah dengan siapa pun. Fondasi agama yang kuat, ini bisa disaksikan dari instansi pendidikan yang terdapat. Beberapa sekolah disitu memberi liburan pada hari jumat, dan untuk hari minggu masih tetap sekolah.

Demikian kental beberapa nilai agama Islam yang tertancap, menghargai hari jumat sebagai hari yang barokah. Nilai Islam yang lebih tinggi, tidaklah aneh karena warga di tempat asal dari negara Arab.

Ada banyak aktivitas kesenian seperti music gambus. Saat ada acara besar contoh maulud nabi, tahun baru Islam, atau hari ramadhan, aktivitas telah jadi adat untuk dilaksanakan.

* Bangunan Rata-Rata Classic

Bangunan beberapa rumah yang ada di Kampung Arab Al Munawar ini mempunyai sebuah arsitektur yang unik. Apalagi bahan yang dibuat dari kayu dalam pengaturan yang demikian rapi. Jumlahnya kursi dengan bahan kayu yang tersusun menarik hingga membuat situasi yang tradisionil. Tentu saja situasi yang sangat dikangenin oleh beberapa pelancong religius.

Selainnya situasi yang tradisionil, ada di lokasi ini Anda akan menyaksikan bangunan-bangunan yang kuno, masih classic dan benar-benar asri. lorong-lorong yang teratur sebegitu rupa semakin mengundang perhatian public. Kota kuno yang demikian mengagumkan ialah pemandangan yang terhidangkan di tempat wisata Palembang. Kesan yang semacam ini benar-benar menggembirakan untuk berselfie.

Model rumah yang pentas berbahan lantai dari marmer, yang mana marmer ini terukir dengan corak yang unik semakin menambahkan situasi menawan. Tidak cuma itu saja, ada sebuah bangunan seperti Kubah ala bangunan Turki.

Bangunan ini pas menghadap Sungai Musi hingga makin kental ala-ala Timur tengah. Jadi tidak bingung jika daerah elok ini bagus sekali.

* Kulineran Ciri khas

Seperti ada nasi minyak dengan kombinasi kismis dan diperlengkapi lauk pauknya yaitu ayam goreng, gulai kambing, buah-buahan dan sayur. Sajian ini akan disuguhi ruang lesehan dan memiliki nuansa negara Arab dengan menghadap panorama Sungai Musi.

Untuk menu minumannya tidak kalah menarik, pada tempat ini ada warung kopi yang wajib Anda cicip. Dalam kulineran yang unik tentu saja kopi yang terhidang juga adalah bikinan ciri khas warga daerah Arab yang hist ini.

Kembali lagi nikmati kopi secara cantiknya panorama Sungai Musi jadi daya magnet pengunjung. Tentu saja membuat Anda merasakan kerasan dan nyaman.

Baca juga : Pulau Kemaro, Pulau Elok yang Menjadi legenda di tengah Sungai Musi

Kegiatan Hebat yang Dapat Dilaksanakan di Kampung Arab Al Munawar

✦ Belajar

Bukan hanya tawarkan keelokan bangunan dan situasinya. Mempunyai banyak pengetahuan yang tentu saja berguna untuk siswa. Belajar sekalian nikmati situasi ala-ala Arab akan mengagumkan dan secara langsung dapat pelajaran. Ada budaya dan beragam jenis beberapa cara Islam saat terima tamu secara baik, adalah pelajaran hidup.

Khususnya untuk Anda yang ingin perdalam tuntunan agama Islam. Bertandang di lokasi elok ini ialah hal yang akurat. Beberapa nilai Islam yang tertancap semenjak jaman dulu dan turun terus turun adalah dari proses perjalanan panjang yang tentu saja memiliki kandungan arti. Anda akan secara langsung temukan pengetahuan yang berguna.

Belajar akan jadikan Anda tidak rugi waktu juga ongkos. Apalagi sesudah bertandang Anda akan rasakan nyaman dan tenang. Bertandang disni benar-benar pas untuk beberapa pencarian pengetahuan. Sejarah yang terjadi di Daerah Arab Al Munawar ini bisa diambil pelajaran yang terdapat.

✦ Memburu Kulineran di Kampung Arab

Aktivitas memburu kulineran tidak kalah menarik dengan aktivitas yang lain. Beritanya kulineran yang unik dan servis yang unik jadi sasaran beberapa pelancong. Sejumlah makanan yang telah terhidang seperti nasi minyak dengan kismis. Dan tidak lupa hiasan komplet lauk-pauknya. Ada sayur dan buah-buahan.

Ada kopi yang penting Anda cicip. Kopi dengan bikinan ciri khas warga di tempat. Daerah Arab tentu saja sediakan warung kopi yang unik. Servis tempat makan dengan lesehan dan memiliki nuansa Arab, semakin menambahkan situasi makin nyaman dan nikmat. Apalagi panorama mata Anda akan disuguhi pas menghadap Sungai Musi.

✦ Hunting Photo

Ada sebuah sarana bangunan yang classic dan unik. Karena itu bertandang tidak menggembirakan tanpa memburu beberapa foto Instagramable. Keelokan tiap sudutnya bisa jadi latar belakang yang eksotik. Lebih-lebih lagi bila Anda anak santri yang memprioritaskan bertandang ke wisata religius.

Bertandang bersama keluarga akan menambahkan hasil Photo ala ada di negara Arab. Hunting Photo bisa Anda kerjakan dalam tiap pojok lokasi yang Anda kunjungi. Karena tempat Daerah Arab Al Munawar yang elok dan unik, kelihatan kembali berbahan kayu dan pola marmer, yang tentu saja memiliki kandungan elemen eksotik yang keren setelah.

Apalagi memburu Photo membuat Anda merasakan tercukupi dalam dedikasi peristiwa. Khususnya peristiwa yang tidak sama ada di daerah Arab hist ini. Quates-quates Islam yang tentu saja telah Anda persiapkan saat sebelum mempublikasikan hasil hunting Photo.

Akan menambahkan wisata Palembang Anda berbuntut wacana dan pengalaman. Menarik kembali jika berpose diposisi nikmati kulineran ciri khas.

Baca juga : Taman Sari Jogja, Daya tarik Keelokan Istana Air dan Dogma yang Membaluti

Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Kampung Arab Al Munawar

Lokasi Kampung Arab Al Munawar bisa dicapai memakai kendaraan beroda 4 atau beroda 2. Ada di lokasi yang mempunyai luas daerah dengan tempat wisata elok, yakni di Sumatera Selatan. Ataupun lebih persisnya di Jln Kiayi Haji. A. Azhari. Lorong Al Munawar. yang disebut teritori 13 Ulu, Kota Palembang.

Lokasi ini sangat mencukupi, dan gampang dicari google maps. Jika Anda belum demikian memahami, saat telah di kota Palembang, pesan saja taksi online atau gojek supaya lebih selekasnya datang. Atau jika Anda sukai hal unik, naiklah ketek yakni semacam perahu kecil selanjutnya melalui lajur air sungai Musi.

Masuk Kampung Al Munawar memerlukan biaya ticket yang tidak ternilai. Atau bisa disebutkan jika harga ticket capai Rp 0.00 saja. Baik itu kondisi akhir pekan atau kondisi weekday. Lebih persisnya harga ticket masuk free. Tetapi harga ini dapat setiap saat berbeda. Dan tentu saja terbuka untuk umum baik pelancong lokal atau luar negeri.

Mempunyai jam membuka tiap hari serta diawali jam 08.00 s/d jam 19.00 Wib. Jam tersebut sama sesuai zone waktu Jakarta. Jadi sisi dari pengunjung pasti membuat Anda merasakan suka. Jadi tidak akan sedih bertandang ke lokasi elok ini.

Baca juga : Sade Village, Mengenali Desa Tradisionil dan Budaya Suku Sasak di Lombok tengah

Sarana yang Ada di Teritori Kampung Arab Al Munawar Palembang

Sarana yang ada pada Kampung Arab Al Munawar ini seperti sarana pribadi per tempat tinggalnya. Tetapi telah ada sarana kamar mandi umum atau toilet umum. Tempat parkir juga ada. Bila Anda ingin isi perut keroncongan ada warung makanan.

Fasilitas dan prasarana tentu saja selalu jadi perhatian faksi pengurus untuk menggembirakan hati pengunjung. Agar pengunjung kerasan dan nyaman lama-lama. Tetapi untuk sekarang ini sarana cuma sama seperti yang telah dikisahkan.

Kondisi yang tentu saja bukan penyebab khusus tidak untuk pilih bertandang ke daerah hits ini ialah sarana. Karena sarana cuma pendamping dalam pembangunan yang eksklusif. Karena itu jangan terlampau mengharap pada sebuah sarana.

Baca juga : Cantiknya Puncak Lestari, Daya tarik Wisata Negeri Atas Awan di Gorontalo

Kampung Arab Al Munawar ialah tujuan wisata religius yang hist dan tentu saja dikenali public. Ada di tujuan cantik yang lain yang berada di Palembang, Sumatera Selatan. Tetapi Bertandang ke lokasi bukan sebuah perjalanan tidak ada makna. Tentu saja di daerah elok ini ada daya berbeda yang mengagumkan.[]