Curug Ngumpet, Daya tarik Air Terjun Eksotik yang Super Jernih di Bogor

Curug Ngumpet, Daya tarik Air Terjun Eksotik yang Super Jernih di Bogor

Diposting pada

Curug ngumpet, daya tarik air terjun eksotik yang super jernih di Bogor. Berlibur pada sebuah tempat tetapi punyai banyak tujuannya, datangi Taman Nasional Gunung Halimun Salak saja.

Tempat wisata di Bogor ini ada di daerah pelestarian yang luasnya sampai 113.357 hektar. Di taman luas ini pelancong dapat menyaksikan flora dan fauna ciri khas Indonesia yang sudah diproteksi, disamping itu ada pula Curug yang bernama Curug Ngumpet.

Curug cantik ini punyai dua lokasi yang masih tetap ada di satu teritori yang masih sama tetapi berlainan tempat. Pelancong menyebutkan dua curug ini sebagai Curug Bersembunyi 1 dan 2 atau dikenali Curug Populer. Air terjun elok ini ada di ketinggian 900 mdpl. Sumber airnya berasal secara langsung dari Gunung Salak.

Nama Curug elok ini diambil dari kata “bersembunyi” yang bermakna terselinap. Sesuai nama tempatnya agar dapat sampai ke lokasi air terjun membutuhkan sedikit perjuangan. Tinggi air terjun ini sampai 45 mtr..

Daya Ambil yang Dipunyai Curug Ngumpet Bogor

✦ Air yang Jernih dengan Arus yang Kuat

Air di curug elok ini asal dari air Gunung Salak yang tentu saja air di sini benar-benar jernih dan fresh. Debet air yang jatuh juga mempunyai arus yang kuat hingga bunyi dari recikannya sanggup berikan ketenangan. Pusat dari jatuhnya air di palung jadi tempat terlarang untuk berenang.

✦ Panorama Alam

Bila pelancong berasa jemu dengan panorama perkotaan yang sarat dengan hingar-bingar kendaraan dan kemacetan liburan ke lokasi air terjun ialah jalan keluar yang akurat. Apa lagi Curug Bersembunyi ini simpan beragam keelokan alam yang terselinap, disamping itu banyak aktivitas menarik juga sanggup hilangkan rasa jemu dan depresi.

✦ Ketinggian 45 Mtr. Terselinap di Kembali Tebing

Sesuai namanya air terjun dengan tinggi 45 mtr. ini ada terselinap di antara tebing pegunungan yang lebih tinggi. Pada ke-2  segi tebing sebagai tempat tanaman rimba tumbuh dan banyak pohon-pohonan di sekitarnya. Keadaan curug ini menjadikan lembab sampai udaranya juga jadi sejuk.

✦ Camping Ground

Seperti wisata alam yang lain berikan tempat khusu untuk pengunjung bisa camping, di Curug Ngumpet pengunjung diberi sarana agar dapat nikmati keelokan alam langsung. Bawa perlengkapan yang diperlukan seperti tenda, matras, dan logistik karena tempat camping jauh dari warung.

✦ Perjalanan Treking Luar Biasa

Akses jalan agar dapat capai curug dari pintu masuk teritori lumayan dekat dan cuma dapat dilewati jalan kaki atau treking. Waktu di perjalanan rekreasi akan ditempatkan pada cantiknya panorama yang terhidang di muka mata, lajur treking yang dilewati juga tidak begitu susah karena telah berbentuk formasi batu yang berjejer rapi.

✦ Menyaksikan Bunga Terompet yang Bermekaran

Bila pelancong sedang untung dapat saat bertandang ke tempat curug dapat menyaksikan panorama tambahan yang tidak kalah cantik yakni bunga terompet yang bermekaran. Bunga terompet ini punyai warna putih dan orange.

✦ Sisi Keamanan

Daya magnet dari air terjun setelah itu dari sisi pengalaman yang jadi perhatian oleh faksi pengurus. Tiap pelancong yang tiba dan beli ticket masuk telah diperlengkapi asuransi jiwa. Disamping itu team SAR siap siaga mengawasi keamanan pengunjung.

✦ Mistis Curug

Dibalik keelokan Curug Ngumpet persisnya di air terjun ke-2  ada sebuah mistis yang menyelimuti. Menurut pembicaraan Sesepuh di tempat dahulu ada pengunjung yang dari Bandung, penghujung ini tidak menyaksikan air terjun saat ada di Curug ke-2  tetapi yang dilihatnya ialah bangunan keraton dan kujang.

Baca juga : Curug Barong, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Bogor

Beberapa pengunjung sampaikan sebelumnya pernah menyaksikan sosok wanita kenakan pakaian pengantin ada di tempat air terjun. Warga di tempat yakin jika lokasi curug dijaga dengan seorang wanita elok tetapi memiliki bentuk seperti ular, figur ini akan menunjukkan kehadirannya pada beberapa orang tertentu.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Curug Ngumpet

1. Nikmati Keelokan Curug

Curug Ngumpet ini mempunyai air yang jernih yang memantulkan sinar hijau kebiruan dari hijaunya dedaunan yang terdapat. Pada tempat bawah dibikin bendungan dengan formasi batu alam agar kolam ini menjadi spot untuk mandi, merendam atau bermain air pelancong yang tiba di curug Bogor ini.

Kolam air ini menjadi spot favorite pelancong yang tiba karena selainnya elok, airnya jernih ada pohon, ranting dan lumut menambahkan kesan-kesan cantik pada curug. Air di kolam warna hijau kebiruan karena ada refleksi sinar dari air ke tempat tebing sekelilingnya yang asri warna hijau.

2. Merendam, Berenang atau Bermain Air

Aktivitas bagus yang wajib dicoba saat bertandang ke air terjun tentu saja ialah bermain air. Menyaksikan keelokan Curug Bersembunyi yang terhidang di muka mata tentu saja akan menarik hati pelancong untuk langsung menceburkan diri ke dalamnya.

Saat berenang bersama keluarga atau beberapa anak tidak butuh cemas karena bakal ada team SAR yang selalu mengawasi keamanan pengunjung. Kedalaman dari air kolam di curug dengan tinggi 5 mtr. di curug ke-2 , hingga untuk penghujung dewasa yang ingin menyelam atau freediving dibolehkan sepanjang masih tetap memerhatikan keselamatan diri.

3. Bermalam di Sekitaran Curug Ngumpet

Bila pelancong yang di luar wilayah dapat coba bermalam disekitaran lokasi air terjun. Daya magnet khusus dari pemondokan ini adalh viewnya lam yang cantik. Mengenai harga tak perlu cemas karena benar-benar dapat dijangkau yang dapat disamakan bujet yang dipunyai.

Beberapa sarana juga telah disiapkan komplet di tempat pemondokan seperti kasur nyaman, kamar mandi dalam, bangku untuk duduk, penyejuk ruang dan yang lain. Masing-masing pemondokan mempunyai sarana yang beda sesuai standard pemondokan yang terdapat.

4. Treking Ke arah Lokasi Air Terjun

Pelancong perlu lakukan perjalanan sepanjang lebih kurang 2 km agar dapat sampai ke lokasi Curug Bersembunyi. Sepanjang perjalanan atau treking ini pelancong akan disongsong keasrian dari rimba rimba yang teduh dan mempunyai angin segar.

Walaupun harus treking tetapi tenang pelancong tidak butuh cemas karena keadaan jalan telah dibikin nyaman untuk dilewati. Ada juga petunjuk jalan yang hendak memudahkan pelancong temukan lokasi air terjun ada.

Sepanjang lajur treking telah dipasang pagar besi sebagai pengaman. Panorama batu-batuan tepi sungai ditambahkan hijaunya alam menambahkan serunya treking yang dilewati.

5. Kemping di Tempat Curug

Kemping bisa juga dilaksanakan di tempat air terjun, lokasi untuk kemping ada di teritori Camping Ground. Tempat lokasi kemping ada di dekat saluran air terjun hingga situasinya berasa natural serta asri wisata Bogor.

Kemping jadi aktivitas yang mengasyikan dapat dilaksanakan bersama keluarga atau rekan. Aktivitas outdoor ini sanggup berikan pengalaman yang terorganisir. Untuk pengunjung yang ingin lakukan camping dapat minta ijin lebih dulu ke faksi pengurus untuk dicatat.

6. Berpose dengan Latar Belakang Air Terjun

Banyak orang tiba ke Curug Ngumpet ingin nikmati keelokan air terjunnya. Saat ada di dekat air terjun aktivitas wajib yang perlu dilaksanakan ialah ambil photo sebanyaknya berdasar air terjun. Coba beragam gaya ala influencer agar hasil photo dapat semakin menarik.

Ingat selalu untuk memerhatikan keamanan saat sedang ambil photo. Taati batasan keamanan yang sudah diputuskan baik di Curug 1 atau 2. Yang perlu dijauhi ialah tempat dekat palung yang disebut tempat jatuhnya air ke dasaran kolam.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Curug Ngumpet

Curug Ngumpet yang eksotik ini berada di Dusun Gunungsari, air terjun elok ini berada di Kecamatan Pamijahan, persisnya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki jarak 38 Km dari Kota Bogor. Lokasi air terjun eksotik ini ada di Taman Nasional Halimun Salak hingga pengunjung tidak kesusahan temukan lokasinya.

Jalur ke arah lokasi curug dari Kota Bogor memakan waktu sekitaran 1.5 jam perjalan dengan akses jalan pertama dapat dari Taman Sari Ke Gunung Bunder lalu ke Salah Endah. Jalur jalan ke dua dari Cikampak langsung cari jalan ke arah Salak Endah. Jalur ke tiga dari Cibungbulang ke Pamijahan berlanjut ke Salak Endah. Saksikan google maps.

Bila pelancong memakai angkutan umum setelah tiba Terminal Baranangsiang dapat ke arah Curug Ngumpet sekitaran 54 KM jauhnya. Jam operasional Curug dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore senin s/d minggu. Agar dapat nikmati semua keelokan yang terhidang pelancong dapat tiba dari pagi sampai sore.

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Curug Ngumpet Bogor

Harga ticket masuk ke dalam teritori air terjun terdiri jadi 2 tempat yakni gerbang khusus untuk masuk teritori Taman Nasional Halimun Salak sejumlah Rp 15.000,- per-orang dan harga ticket masuk ke dalam Curug Ngumpet 1 dan 2 masing-masing Rp 10.000,- Pelancong dapat pilih ingin berkunjung satu curug saja atau ke-2 nya.

Harga ticket masuk ini belum termasuk dengan ongkos untuk parkir kendaraan yang besarnya bergantung dari pengurus tempat parkir di tempat. Harga ticket yang ditanggung termasuk dengan ongkos asuransi yang diberi untuk semuanya pelancong yang tiba.

Baca juga : 10 Air Terjun (Curug) di Sentul Bogor yang Terkenal

Saat akhir pekan dan hari liburan lokasi curug akan dipenuhi oleh pelancong yang meluangkan diri untuk liburan ke air terjun ini. Karena punyai dua lokasi menjadi pelancong dapat pilih ingin berkunjung curug satu atau curug dua atau ke-2 nya.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Curug Ngumpet Bogor

Curug Ngumpet ada di teritori yang luas meski begitu tetapi beberapa sarana yang cukup ideal juga telah dipersiapkan oleh faksi pengurus. Beberapa sarana umum yang dapat digunakan ialah tempat parkir yang lega, masjid tempat beribadah yang sangat nyaman, gazebo untuk sekedar duduk rileks yang ada di tempat rekreasi.

Sarana keamanan juga komplet di rekreasi curug elok ini ibarat ada team SAR, batasan-batas kolam yang bisa dan jangan dilewati, pegangan besi pada tempat treking, dan yang juga sangat penting ialah pengunjung yang tiba beli ticket masuk sekalian memperoleh pelindungan asuransi dari faksi Jasa Raharja.

Sarana yang lain jadi spot simpatisan ialah pemondokan yang ada di tempat sekitaran teritori taman nasional. Ada pula camping ground untuk digunakan pelancong camping sepanjang ada di lokasi curug elok ini. Ada juga warung tempat beli makan dan minuman di dekat loket masuk.

Panduan berekreasi ke Curug Ngumpet Bogor yakni tiba ketika keadaan cuaca sedang ceria, karena saat musim penghujan lajur yang dilewati menjadi kurang nyaman dan susah temukan spot terbaik. Membawa pakaian mengganti walaupun tidak merencanakan untuk bermain air karena air cipratan terjun bisa jadi membasahi pakaian yang dikenai.[]